PENGERTIAN SISTEM OPERASI DAN MACAM - MACAM SISTEM OPERASI

PENGERTIAN SISTEM OPERASI DAN MACAM - MACAM SISTEM OPERASI     


Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung saat komputer booting yang bertugas untuk memanagemen perangkat lunak dan perangkat keras terkait. Perangkat lunak yang dimanagemen oleh sistem operasi disebut dengan aplikasi, misalnya aplikasi pengolah kata dan aplikasi pemutar video. Perangkat lunak sistem adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan memanagemen perangkat keras, sehingga aplikasi dapat berjalan.

Sistem operasi komputer memberikan layanan (service) yang dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan fungsinya yang disebut Application Program Interface (API). API adalah layanan (service) dari sistem operasi yang dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan intruksi terkait kontrol perangkat lunak atau perangkat keras.

Setiap sistem operasi mempunyai antarmuka yang berbeda. Terdapat 2 jenis antarmuka pengguna pada sistem operasi yaitu command line dan Graphical User Interface (GUI). GUI adalah antarmuka interaktif menggunakan visualisasi grafis untuk memudahkan pengguna menggunakan sistem operasi bersangkutan.

CONTOH SISTEM OPERASI KOMPUTER

  1. Microsoft Windows
    System Software Foto
    Foto: Microsoft
    Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1985 dengan menggunakan antarmukan grafis (GUI). Microsoft Windows menjadi sistem operasi komputer paling populer di dunia. Microsoft Windows dikembangkan dengan bahasa pemrograman C, C++, dan C#.
  2. Mac OS
    Mac OS
    Foto: Apple Inc.
    Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Apple sejak tahun 2001 yang merupakan sistem operasi standar dari perangkat komputer keluarannya. Sehingga Mac OS hanya bisa digunakan pada perangkat Apple. Mac OS ditulis dengan bahasa permrograman C++, Objective C, dan Swift.
  3. Linux
    Linux
    Foto: Steemit
    Linux adalah keluarga sistem operasi berbasis UNIX yang merupakan sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh komunitasnya sejak 1991. Oleh karena dibangun oleh komunitas yang besar, linux terbukti sebagai sistem operasi yang paling stabil dan mempunyai managemen memory yang sangat baik. Linux sangat populer dikalangan data center. Selain itu Linux terbukti kebal terhadap virus. Bahasa yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan Linux adalah C dan Assembly. Terdapat banyak jenis Linux yang dikembangkan oleh berbagai komunitas misalnya Ubuntu, Debian, Fedora, dan lain-lain
  4. Chromium OS
    Chromium OS
    Foto: Androidpolice
    Chromium OS adalah sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan kernel Linux sebagai intruksi dasar sistem. Chromium OS dikembangkan dan dirilis sejak tahun 2011.
sumber : https://www.advernesia.com/blog/komputer/pengertian-sistem-operasi-komputer-beserta-contohnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengertian cacti network

Membuat Streaming Radio Server di Linux Debian